Pengantar Parasitologi Farmasi 2022

Manajemen Farmasi adalah proses kegiatan yang dilaksanakan di bidang Farmasi untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam lingkup Manajemen farmasi banyak yang terkait didalamnya termasuk Apoteker. Manajemen Framasi dalam Rumah Sakit merupakan salah satu faktor penting karena dapat meningkatkan mutu dan pelayanan dari Rumah Sakit sehigga Efisiensi dan produktivitas dari Rumah Sakit juga akan meningkat 

Farmasetika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara penyediaan obat menjadi bentuk tertentu hingga siap digunakan sebagai obat, serta mempelajari perkembangan obat yang meliputi ilmu dan teknologi pembuatan obat dalam bentuk sediaan yang dapat digunakan dan diberikan kepada pasien.

Matakuliah Imunologi merupakan mata kuliah wajib keahlian berisi pokok bahasan tentang gambaran umum sistem imun, sel-sel sistem imun nonspesifik dan spesifik, antigen dan antibodi, komplemen, klasifikasi dan sifat umum sitokin, reksi hipersensitivitas, imunologi infeksi, imunodefisiensi, definisi, penggolongan dan mekanisme kerja vaksin dan imunisasi, autoimunitas, imun-farmakologi.

Matakuliah ini membahas tentang pendahuluan dan perkembangan biologi sel, organisasi sel dan protein sebagai salah satu makromolekul penyusun sel, proses-proses biologi meliputi anabolisme dan katabolisme, tipe pengisyaratan, reseptor intra selular, reseptor permukaan sel, inisiasi isyarat intra selular dan amplifikasi isyarat, sistem transpor baik aktif maupun pasif. Di samping itu, dalam mata kuliah biologi sel dibahas pula siklus sel, mitosis kariokinesis, sitokinesis, miosis, dasar-dasar ekspresi gen, struktur dan fungsi plasmid dalam proses rekayasa genetika serta prinsip-prinsip perekayasaan produk-produk rekombinan dalam dunia farmasi.